Dinas Kesehatan Implementasikan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) di Nagari Talang Babungo

By Kabupaten Solok 18 Okt 2018, 12:13:47 WIBKesehatan

 Dinas Kesehatan Implementasikan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) di Nagari Talang Babungo

Keterangan Gambar : Penyerahan Piagam kepada Kader Kesehatan Yang Telah Bekerja Lebih dari 10 Tahun


(Arosuka) – Kominfo . Bupati Solok yang diwakili olehAsisten Eksbang Kesra Drs. Aliber Mulyadi, hadir pada acara Penggerakan Masyarakat Dalam Rangka Implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Lapangan Bola Kaki Jorong Tabek Talang Babungo,  Rabu (17/10) .Turut mendampingi Sekretaris Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Windes Novel, S.Km. MM , Sekretaris Kesehatan Kabupaten Solok Lida Attica Alfi S.Km. M.Km dan  Kepala SKPD di Lingkup Pemerintah Kabupaten Solok, Camat Hiliran Gumanti, Forkompimcam beserta Wali Nagari se-Kecamatan Hiliran Gumanti .

            Lida Attica dalam laporannya menyebutkan bahwa gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS), dilakukan sebagai penguatan upaya promotif dan preventif masyarakat, yang bertujuan untuk menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular baik kematian maupun kecacatan . Lida juga menyampaikan bahwa kegiatan Germas tahun 2018 berfokus pada lima kegiatan, yaitu melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit sehari, mengonsumsi sayur dan buah setiap hari, tidak merokok dan menggunakan jamban sehat . Lida menambahkan, adanya bentuk  kegiatan sebagai implementasi germas kali ini adalah senam massal, makan buah bersama, pemeriksaan kesehatan dan penampilan senam cerdik dan CTPS dari anak sekolah .

Acara Makan Buah Bersama

            Windes Novel menyampaikan bahwa germas sudah dicanangkan Presiden RI di seluruh Indonesia dan implementasi dari prioritas pembangunan nasional. Khusus dari bidang kesehatan germas merupakan program pokok. “ Kami berharap kepada semua SKPD untuk dapat melaksanakan program germas di tahun 2017 hanya dua fokus pendanaan yaitu Kabupaten Solok dan Kabupaten Sijunjung, sedangkan di tahun 2018 germas dilaksanakan di Kabupaten Darmasraya, Kabupaten Pesisir Selatan dan Kabupaten Pasaman”, ungkap Windes Novel saat menyampaikan sambutan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat .

Foto Bersama Dinas Kesehatan dan Kader

            Pada kesempatan yang sama, Aliber Mulyadi menyampaikan semakin meningkatnya proporsi dan jumlah penduduk dewasa dan lanjut usia yang rentan terhadap penyakit degenerative, yang menyebabkan tingginya kebutuhan biaya masyarakat akan pelayanan kesehatan, terutama rujukan RSUD. Hal ini akan menambah beban pada pembiayaan kesehatan Negara. Aliber menambahkan bahwa pada dasarnya pencegahan penyakit menular maupun tidak menular sangat tergantung pada perilaku individu, didukung dengan kualitas lingkungan, peningkatan layanan kesehatan, dan menciptakan sumber daya kesehatan yang berkualitas . “GERMAS merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan bagi setiap orang untuk hidup sehat serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat” , jelas Aliber disela  sambutannya . Aliber berharap agar dengan adanya Germas dapat meningkatkan kesadaran masayarakat khususnya Kecamatan Hiliran Gumanti, dengan cara aktifitas fisik secara teratur . (admin)

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Jejak Pendapat

Bagaimana Pendapat anda tentang pelayanan publik di kabupaten solok?
  Sangat Buruk Sekali
  Kurang
  Cukup
  Baik
  Sangat Baik Sekali
  sangat bagus sekali

Komentar Terakhir

  • watch motogp

    its very good ...

    View Article
  • fauzul

    Program yang sngat bagus dari Pemda Kab solok.... MOTIVASI juga Kami yang di daerah ...

    View Article
  • Pakaian adat Sumatera Selatan

    https://harianriez.com/pakaian-adat-sumatera-selatan/ g ood ...

    View Article
  • Pakaian adat Sumatera Selatan

    Pakaian adat Sumatera Selatan dan seluruh aspek keunikan yang dimiliki, menjadikan kota ...

    View Article