Forum silaturahmi dan Persaudaraan Bupati dan Walikota se-Sumatera Barat

By Pemerintah Daerah Kabupaten Solok 03 Agu 2021, 21:09:13 WIB Kegiatan
Forum silaturahmi dan Persaudaraan Bupati dan Walikota se-Sumatera Barat

    (Arosuka). Bertempat di Chinangkiak Dream Park, Singkarak. Bupati Solok Epyardi Asda M. Mar menyambut kedatangan Bupati/Walikota se-Sumatera Barat, Selasa pagi (03/08/21). Sebelum memulai acara forum silaturahmi dan persaudaraan Bupati dan Walikota se-Sumatera Barat, para kepala daerah dijamu langsung oleh Bupati yang didampingi Ketua TP.PKK Kabupaten Solok Ny. Emiko Epyardi, Plh. Sekda Edisar, SH, M.Hum, Asisten Koordinator Bidang Ekbangkesra Medison, S.Sos, M.Si, Kabag Pemerintahan Drs Syahrial, MM dan beberapa Kepala OPD lainnya.

           

Tampak hadir dalam acara, Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Wasekjen APKASI Nasional Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir S.STP, M.Si, Koordinator Wilayah APKASI Sumbar Bupati Tanah Datar Eka Putra,SE, Koordinator Wilayah Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang diwakili oleh Walikota Pariaman Dr. Genius Umar, S.Sos, M. Si, beserta Bupati/ Walikota se-Sumatera Barat.

Baca Lainnya :

Bupati Solok Epyardi Asda, M.Mar menyambut baik kedatangan kepala daerah se-Sumatera Barat. Bupati mengatakan sangat senang diberi kesempatan perdana sebagai tuan rumah kegiatan forum silaturahmi dan persaudaraan Bupati dan Walikota se Sumatera Barat ini. Ia mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu wadah koordinasi antar pemerintah daerah, sekaligus wadah sharing informasi sesama kepala daerah tingkat II, demi memajukan daerah masing-masing. ”Harapan kami sebagai tuan rumah, apapun yang dilakukan bisa menambah rasa persaudaraan, dan mempererat silaturahmi antar kepala daerah. Tujuannya supaya kita bisa saling menginformasikan, saling bantu-membantu, dan tolong menolong. Sebab bagaimanapun juga kita sebagai Kepala Daerah, sangat membutuhkan informasi, bantuan dalam bentuk apapun. Mudah-mudahan dengan saling bertukar informasi dan berkoordinasi kita bisa sama-sama memanjukan daerah Sumatera Barat” tutur Bupati.

 “Selain itu, ada satu hal yang menurut saya sangat bermanfaat dalam melaksanakan tugas kita selaku Kepala Daerah. Kita mengetahui APBD kita di Sumbar sangatlah terbatas. Oleh karenanya kita sangat memerlukan APBD Propinsi maupun APBN. Dengan kebersaman ini, apalagi kebetulan Ketua APKASI Indonesia ada di Sumbar, sehingga beliau bisa menjadi corong atau pengantar, agar kita bisa melakukan pertemuan dengan para menteri yang ada di Jakarta. Apalagi beliau punya kesempatan berbicara langsung dengan presiden. Saya rasa Ketua APKASI bisa memfasilitasi kita bertemu dengan pemerintah pusat untuk membangun Propinsi Sumbar yang kita cintai ini” ujar bupati menambahkan.  Bupati berpesan, melalui kegiatan ini dapat menjaga kebersamaan dan kekompakan kepala daerah. Karena Kepala Daerah punya tanggungjawab yang sangat besar terhadap daerahnya. Oleh karena itu perlu untuk menjaga hubungan silaturahim, dan meminimalisir konflik kepentingan antar sesama.

Disaat yang sama Walikota Pariaman Dr. Genius Umar S. Sos, M.Si selaku perwakilan APEKSI Sumatera Barat, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan di Cinangkiak Dream Park ini. Genius Umar menyampaikan saat ini Sumbar dihadapkan pada persoalan tuntutan dan kebutuhan masyarakat yang perlu dipenuhi. Baik itu mengenai kesehatan, infrastruktur dan lain sebagainya. Semua itu perlu penanganan yang sangat cepat. Oleh karena itu Ia menghimbau semua Kepala daerah, untuk bersatu ibarat teamwork, secara bersama menyikapi persoalan yang dihadapi masyarakat di Sumbar. “Lakukan percepatan di segala bidang, sehingga kita bisa membangun, dan merencanakan pembangunan daerah secara baik dan lengkap. Mari kita bangun Sumbar ini secara bersama di bawah APKASI” ungkapnya. Selain itu Ia berharap acara ini bisa dilakukan secara periodik, saling sharing informasi demi memajukan Propinsi Sumbar.

Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE mengucapkan terimakasih kepada Bupati solok yang telah memfasillitasi kegiatan ini. Ia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada pengurus APKASI nasional, yang telah mengukuhkannya sebagai Koordinator Wilayah APKASI Sumbar di bulan Juli 2021 yang lalu. “Semoga kepercayaan yang diberikan tidak mengecewakan. Tugas ini berat, apalagi di masa pandemi saat ini, sebagai Kepala Daerah kita harus melaksanakan refocusing yang setiap tahun menghantui. Tetapi Insyaallah saya akan berupaya semaksimal mungkin melaksanakan amanah dan kepercayaan ini dengan sebaik-baiknya. Bersinergi dan berkoordinasi dengan sesama Bupati maupun Walikota se-Sumatera Barat” tutur Eka Putra. Diakhir sambutannya Ia mengajak seluruh kepala daerah bersama-sama dan bersatu membangun dan memulihkan ekonomi masyarakat di Sumatera Barat. dan berharap 4 program yang ada di APKASI Pusat bisa direalisasikan di Sumatera barat.

Senada dengan Eka Putra, Ketua Umum APKASI Sutan Rizka Tuanku Kerajaan dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Bupati Solok yang telah memfasilitasi pertemuan ini. “Hari ini Alhamdulillah kita sudah melaksanakan silaturahmi ini. Tanggal 27 Maret 2021 yang lalu, saya dipercaya sebagai Ketua APKASI oleh Presiden. Amanah ini menjadi beban sekaligus amanah yang luar biasa. Kita sudah melakukan pengukuhan dewan pengurus APKASI di Bali. Saat itu terpilih Bapak Benny Dwipa Yuswir sebagai Wasekjen Apkasi Nasional, Bapak Eka Putra sebagai Korwil APKASI Sumbar, serta 114 orang pengurus  yang tersebar di seluruh Indonesia.

 Sutan Rizka juga mengatakan, saat ini perkembangan daerah di Sumatera cukup pesat. Seperti Sumsel, Sumut, Riau dan Aceh.  Oleh karena itu perlu dibangun komunikasi yang baik dengan pemerintah pusat. “Kita harus saling memperkuat komunikasi dan saling membantu. Seperti yang dikatakan Bupati Solok, kita perlu membangun komunikasi, dan berkoordinasi sesama kepala daerah. Hari ini kita sudah punya wadahnya. Insyaallah untuk urusan dengan menteri saya yang akan bertanggunjawab” ujarnya. Kemudian Ia menambahkan Untuk program-program APKASI pusat, akan dituangkan dan dibuat kesepakatan dengan Korwil APKASI Sumbar. “Dalam kegiatan lanjutan akan kita tentukan jadwal untuk kunjungan atau bertemu dengan kementerian yang ada di pusat, untuk kemajuan Sumatera Barat. Saya juga meminta saran dan masukan, serta dukungan dari semua pihak, semoga kegiatan ini bermanfaat dan dapat menjadikan Propinsi Sumbar menjadi lebih baik lagi” pungkasnya. Kegiatan forum silaturahmi kepala daerah ini, diakhiri dengan foto dan makan siang bersama.(admin)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 8 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment