Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Ikuti Webinar Peringatan Hari Anak Nasional 2021 Secara Virtual
Hari Anak Nasional 2021

By Pemerintah Daerah Kabupaten Solok 29 Jul 2021, 14:04:34 WIB Kesehatan
Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Ikuti Webinar Peringatan  Hari Anak Nasional 2021 Secara Virtual

(Arosuka)-Kominfo. Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Ny. Emiko Epyardi Asda didampingi Wakil Ketua Ny. Nia Jon Firman Pandu, mengikuti webinar Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) yang diselenggarakan oleh TP-PKK Propinsi Sumatera Barat di Guest House Arosuka, Kamis (29/07/21). Turur hadir Sekretaris TP-PKK Retny Humaira, beserta jajaran Kelompok Kerja (Pokja) II TP-PKK Kabupaten Solok. Kegiatan yang dilakukan secara virtual ini, juga diikuti oleh seluruh TP-PKK Kabupaten/kota se-Sumatera Barat.

Dengan tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”, webinar ini dibuka langsung oleh Ketua TP-PKK Sumatera Barat Ny.Harneli Mahyeldi, didampingi oleh Wakil Ketua Ny. Fitria Amalia Audy. Ny. Harneli Mahyeldi meyambut baik, dan memberikan apresiasi kepada Pokja II TP-PKK Propinsi Sumbar, yang telah menginisiasi kegiatan webinar peringatan Hari Anak Nasional tahun 2021. “Anak adalah generasi penerus dan aset bangsa. Anak- anak juga merupakan pemimpin di masa yang akan datang. Oleh karenanya, PKK juga mempunyai peran dan tanggungjawab untuk menjaga serta melindungi anak-anak, agar mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan baik di lingkungan yang baik pula,” ungkap Ny. Harneli Mahyeldi.

Baca Lainnya :


 PKK harus proaktif dan inovatif dalam memenuhi hak-hak anak sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 36 Tahun 1990, tentang Pengesahan Convention On The Rights Of The Child (konvensi tentang hak-hak anak), yang diimplementasikan ke dalam program dan kegiatan yang ada di PKK. Meskipun di tengah pandemi covid-19, Ny. Harneli Mahyeldi mengajak Ketua TP-PKK beserta jajaran, untuk dapat mendukung tumbuh kembang anak, agar dapat menciptakan generasi yang berprestasi, kreatif, inovatif, dan berakhlak mulia, dalam menyongsong Indonesia layak anak tahun 2030, serta menciptakan generasi emas di tahun 2045 mendatang.

“Anak-anak kita saat ini tumbuh dan berkembang seiring dengan perkembangan teknologi informasi. Oleh karenanya perlu pengawasan dan bimbingan dari kita sebagai orang tua, agar perkembangan anak-anak tidak terkontaminasi dengan nilai-nilai yang negatif” ujarnya lagi. Saat ini tingkat kekerasan dan pelecehan terhadap anak cenderung meningkat. Oleh karena itu Ny. Harneli Mahyeldi juga menginginkan agar Kementerian Kominfo, memblokir situs-situs yang dapat membahayakan tumbuh kembang anak, seperti situs porno maupun situs yang mengandung kekerasan. Supaya nantinya pada saat bonus demografi, dapat menciptakan generasi yang unggul berprestasi dan berakhlak mulia.

Adapun materi yang disampaikan selama webinar ini adalah materi mengenai Pandemi dan Tantangan Pendidikan Akhlak Anak oleh Dr. Urwatul Wusqa, LC MA, materi Kiat Sukses Menyusui di Masa Pandemi oleh dr. Fitrisia Amelin, SpA, materi Optimalkan Gizi Balita di Masa Pandemi oleh dr. Nice Rachmawati, SpA(K), dan materi mengenai Peran Orang Tua dalam Pendampingan Anak di masa Pandemi Covid-19 oleh Nurmina S.Psi, M.A, Psikolog.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh ummi Harneli Mahyeldi, Ny. Emiko Epyardi juga berpesan agar menjadikan peringatan Hari Anak Nasional ini sebagai momentum membangun kekuatan, untuk mewujudkan hak-hak anak dan memberikan perlindungan kepada anak. “Kita berharap dapat meningkatkan perlindungan kepada anak-anak, dan dapat memberikan hak-hak mereka secara layak. Mengingat di Sumbar pada umumnya dan juga di Kabupaten Solok pada khususnya, masih terdapat kasus kekerasan terhadap anak, maka ini merupakan tugas dan kewajiban semua pihak termasuk PKK, dalam menjaga agar anak-anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik” ucap Ny. Emiko.

Mengingat masih berada pada masa pandemi covid-19, proses belajar mengajar dilaksanakan secara daring. Oleh karena itu, Ny. Emiko menekankan kepada setiap orang tua, agar dapat mengawasi serta mengontrol anak- anaknya dalam belajar. “Kepada Dinas Kominfo, saya berharap agar terus mendukung dan mempublikasikan segala kegiatan yang sifatnya positif, termasuk kegiatan-kegiatan PKK, dan selalu memberikan informasi yang berkesinambungan, terutama mengenai perkembangan covid-19 di Kabupaten Solok” tutur Ny. Emiko Epyardi mengakhiri. (admin)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment