Kolaborasi dengan Pemerintah Propinsi, Bupati Dukung Kawasan Gunung Talang Menjadi Destinasi Wisata Nasional Bahkan Internasional

By Pemerintah Daerah Kabupaten Solok 26 Sep 2021, 10:23:59 WIB Pariwisata
Kolaborasi dengan Pemerintah Propinsi, Bupati Dukung  Kawasan Gunung Talang Menjadi Destinasi Wisata Nasional Bahkan Internasional

(Arosuka)-Kominfo. Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, SP bersama Bupati Solok Epyardi Asda, M.Mar mendatangi Nagari Aia Batumbuak Kecamatan Gunung Talang, dalam rangka kunjungan daerah destinasi wisata internasional, Sabtu (25/09/21). Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pariwisata Propinsi Sumbar Nofrial, Kepala Disbudpar Kabupaten Solok Nasripul Romika, Plt. Camat Gunung Talang Donly Wance Lubis, Walinagari Aia Batumbuak Yuneldi, Pokdarwis dan masyarakat setempat.

            

Baca Lainnya :

Selaku Walinagari, Yuneldi menyambut baik kunjungan perdana Gubernur Sumbar bersama Bupati Solok ke Nagari Aia Batumbuak. Dalam laporannya Yuneldi menyampaikan Aia Batumbuak memiliki sumber daya alam yang sangat bagus, dimana jalur pendakian Gunung Talang via Air Batumbuk dikelilingi kawasan perkebunan teh yang begitu indah” papar Yuneldi. Namun menurutnya pengelolaan daerah wisata belumlah maksimal. Disamping karena keterbatasan SDM, ditambah dengan keterbatasan lahan parkir bagi pengunjung yang datang. Ia berharap kendala tersebut dapat diatasi dengan adanya bantuan baik dari pemerintah propinsi maupun pemerintah kabupaten, berupa pelatihan bagi pengelola wisata dan studi banding mengenai pengelolaan wisata ke tempat wisata lainnya, sehingga kawasan wisata Gunung Talang menjadi diminati oleh wisatawan. Kepada Gubernur Yuneldi meminta untuk dibangunkan posko pendakian Gunung Talang via Aia Batumbuak. ”Atas nama pemerintahan nagari dan seluruh masyarakat Aia Batumbuak siap mendukung dan mensukseskan visi misi Bupati Solok mambangkik batang tarandam, menjadikan Kabupaten Solok terbaik di Sumatera Barat” pungkasnya.

Bupati Epyardi Asda dalam sambutannya menyampaikan kawasan Gunung Talang yang berada di kenagarian Aia Batumbuak, memiliki potensi wisata yang perlu dikembangkan. Bupati sangat mendukung keinginan Gubernur Sumbar untuk menjadikan kawasan Gunung Talang menjadi salah satu kawasan wisata yang nantinya dikenal ditingkat nasional bahkan internasional.”Kami sangat bangga kepada Gubernur karena ingin menjadikan kawasan Gunung Talang menjadi destinasi wisata nasional dan internasional. Mudah-mudahan hal ini tidah menjadi hanya wacana saja tetapi dapat diwujudkan secara bersama-sama” ujar Bupati.

Kedepannya Bupati berjanji akan memberikan anggaran untuk Nagari Aia Batumbuak dalam upaya mengembangkan wisata kawasan Gunung Talang menjadi wisata nasional bahkan internasional. “Kita akan upayakan melengkapi fasilitas tempat wisata di Nagari Aia Batumbuak ini seperti akses jalan, gerbang masuk, toilet dan lain–lain. Kami berharap jangan sampai ada aksi premanisme di lokasi wisata yang ada, agar para wisatawan yang berkunjung dapat merasakan keindahan pesona alam, serta keolokan masyarakat Nagari Aia Batumbuak ini” ungkap Bupati.

Pemerintah Propinsi bertekad akan berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Solok, untuk menjadikan kawasan Gunung Talang  menjadi destinasi wisata yang tiada duanya,” ujar Gubernur mengawali sambutannya. Melalui Dinas Pariwisata, Ia terus mendorong pengembangan wisata di Sumbar termasuk Gunung Talang, dengan melengkapi sarana dan prasarana seperti toilet dan tempat sampah. Gubernur berharap agar masyarakat sadar wisata, jangan sampai ada aksi premanisme yang membuat wisatawan yang berkunjung menjadi tidak nyaman. “Salah satu kunci maju tidaknya sektor pariwisata di suatu daerah adalah masyarakatnya sendiri. Untuk itu mari kita saling bersinergi dalam membangun kampung halaman kita khususnya di sektor pariwisata” pungkas Gubernur Mahyeldi. (admin)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment