Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma dan BBGRM Kabupaten Solok

By Pemerintah Daerah Kabupaten Solok 17 Mar 2021, 15:47:59 WIB Kegiatan
Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma dan BBGRM Kabupaten Solok

(Arosuka) Kominfo Plh. Bupati Solok Aswirman membuka secara resmi Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tingkat Kabupaten Solok di Gedung Solok Nan Indah, Senin (15/03). Turut mendampingi Wakil Ketua II TP PKK Kab Solok Ny.Lina Aswirman, Kadis DPMN Ferisnovel,S,IP,M,Si, Camat dan Ketua TP-PKK Kecamatan, para Wali Nagari dan Ketua TP-PKK Nagari, dan Kepala SKPD terkait.

Lina Aswirman dalam sambutannya menyampaikan pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma ke V dan BBGRM Tingkat Kabupaten Solok tahun 2021 dilaksanakan dalam rangka meningkatkan peran keluarga dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK serta menanamkan nilai-nilai dan menumbuhkan semangat kegotongroyongan masyarakat dalam pembangunan daerah khususnya di Kabupaten Solok. “Tema Bulan Bhakti Dasawisma ke V dan BBGRM kali ini yaitu kita perkuat semangat gotong royong dan mengefektifkan penerapan protokol kesehatan, serta pemanfaatan pekarangan PKK di dasawisma. Selain itu, pelaksanaan Bulan Bhakti Dasawisma ini juga untuk meningkatkan peranan dasawisma dalam mensukseskan gerakan PKK terutama dalam pencegahan penyebaran Covid-19 melalui sosialisasi protokol Kesehatan” ujar Lina menambahkan. Sedangkan tujuan BBGRM yaitu meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotongroyongan menuju kepada penguatan  integritas melalui kegiatan gotong royong dalam pelaksanaan pembangunan serta pemeliharaan hasil-hasil pembangunan.

“Sasaran Bulan Bhakti Dasawisma tahun 2021 ini diharapkan mampu mendorong 433 dasawisma yang ada di Kabupaten Solok untuk melaksanakan gerakan PKK dikelompoknya masing-masing, terutama mensosialisasikan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid 19”. Untuk sasaran BBGRM itu sendiri meningkatkan peran aktif masyarakat dalam  pembangunan, meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat, meningkatkan kemitraan antara masyarakat dan pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan, meningkatkan rasa memiliki dan tanggung jawab masyarakat terhadap hasil-hasil pembangunan, serta mewujudkan pemerataan dan percepatan pembangunan” tuturnya lagi.

Baca Lainnya :

            Aswirman dalam arahannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada TP-PKK Kabupaten Solok beserta jajarannya serta pihak pihak lainya yang telah membantu pelaksanaan kegiatan ini. “Kegiatan kita pada hari ini adalah kegiatan kerjasama masyarakat dalam berbagai bidang pembangunan yang diarahkan pada penguatan persatuan dan kesatuan masyarakat serta peningkatan kepedulian dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan. Hal ini penting untuk dilaksanakan, dan terus dipupuk agar semangat kebersamaan dari gotong royong terus mengakar dan melembaga dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan demikian diharapkan masyarakat dapat hidup rukun dan damai, dalam mengisi pembangunan dalam suasana kekeluargaan serta dalam rangka penguatan integrasi sosial dalam masyarakat Kabupaten Solok”, ucap Aswirman. Perkembangan zaman jangan sampai menguras budaya gotong royong yang telah mengakar di kehidupan masyarakat kita. Pentingnya pelestarian nilai-nilai budaya masyarakatnya melalui kegiatan gotong royong diharapkan dapat diapresiasi dan dikawal dengan baik oleh pihak terkait yakni pemerintah nagari dan kecamatan. Melalui Bulan Bhakti Dasawisma dan BBGRM ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan untuk pecegahan penularan berbagai macam penyakit terutama yang sangat merebak sekarang yaitu Covid-19. (admin)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment