Sosialisasi Program Anakku Sehat dan Cerdas Berbasis PAUD H

By Pemerintah Daerah Kabupaten Solok 10 Apr 2021, 20:36:22 WIB Kesehatan
Sosialisasi Program Anakku Sehat dan Cerdas Berbasis PAUD H

(Arosuka) Diskominfo. Dalam rangka pencegahan stunting di Kabupaten Solok, Pemerintah Kabupaten Solok melalui Dinas Kesehatan dan Barenlitbang bekerjasama dengan Poltekes Padang, melaksanakan Sosialisasi Program Anakku Sehat dan Cerdas Berbasis PAUD HI dan Diseminasi  Panduan Gizi Seimbang  Berbasis Pangan Lokal (PGS-PL), di ruang rapat Bukit Cambai Barenlitbang, Selasa (06/04). Kegiatan ini berlangsung secara daring dan luring dan menggandeng SEAMEO REFCON dan GAIN sebagai narasumbernya. Adapun stakeholder yang diundang adalah SKPD yang terkait dengan penanganan stunting di Kabupaten Solok, diantaranya Dinas Kesehatan, Barenlitbang, Disdikpora, DPP, Dinas Pertanian, DPPKBP3A, DPMN, Dinas Kominfo, Bagian Kerjasama Daerah, Tim Penggerak PKK, HIMPAUDI, IBI, PERSAGI, dan Poltekes Padang.

Dalam sambutannya Plh Bupati Solok Aswirman menyampaikan, Kabupaten Solok merupakan salah satu dari 160 kabupaten/kota di Indonesia yang ditetapkan sebagai daerah lokus program percepatan penurunan stunting terintegrasi oleh pemerintah pusat di tahun 2019. Dari 74 nagari, sudah 42 nagari yang ditetapkan sebagai lokus di Kabupaten Solok. Nantinya seluruh nagari akan menjadi lokus dalam penanganan stunting.” Data dari Riskesdas tahun 2018, data prevalensi stunting di Kabupaten Solok terbilang tinggi yakni sebesar 31%. Namun angka tersebut terus menurun seiring dengan berbagai aksi konvergensi yang telah dilakukan selama 2 tahun ini. Untuk data terbaru dari Dinas Kesehatan prevalensi stunting sudah berada pada angka 17, 73 %”, ujar Aswirman. Hal ini tentu sangat membanggakan, tetapi diharapkan angka ini dapat terus menurun dengan adanya bantuan dari SEAMEO REFCON dan GAIN. Diakhir sambutannya Aswirman  berterimakasih kepada Pihak SEAMEO REFCON dan GAIN karena telah memilih Kabupaten Solok sebagai lokus dalam menerapkan program-program strategisnya dalam upaya penanggulangan stunting  di Kabupaten Solok.

            SEAMEO REFCON sendiri merupakan organisasi yang bergerak di bidang gizi dan telah berkolaborasi dengan para akademisi yang berasal dari universitas dan politeknik kesehatan di 6 Wilayah Indoenesia. SEAMEO REFCON juga bekerjasama dengan Poltekes Padang untuk penanganan stunting di daerah yang ada di Sumatera Barat termasuk Kabupaten Solok. SEAMEO REFCON telah menyusun  rekomendasi Panduan Gizi Seimbang Berbasis Pangan Lokal (PGS-PL) bagi bayi dan balita. Panduan tersebut diutamakan bagi 50 kabupaten prioritas stunting yang terletak pada 33 propinsi di Indonesia termasuk salah satunya Kabupaten Solok.  (admin) 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment