Wujud Pengabdian dan Kerja Nyata, Bupati Solok Epyardi Asda Serahkan Excavator Kepada Nagari

By Pemerintah Daerah Kabupaten Solok 20 Okt 2021, 10:16:23 WIB Pemerintahan
Wujud Pengabdian dan Kerja Nyata, Bupati Solok Epyardi Asda Serahkan Excavator Kepada Nagari

(Arosuka)-Kominfo. Salah satu bentuk pengabdian dan kerja nyatanya dalam mambangkik batang tarandam, serta berkomitmen menjadikan Kabupaten Solok menjadi Kabupaten terbaik di Sumatera Barat, Bupati Epyardi Asda, M.Mar menyerahkan 4 unit excavator secara simbolis, yang diterima langsung oleh para Walinagari Aia Dingin Kecamatan Lembah Gumanti, Walinagari Talang Kecamatan Gunung Talang, Walinagari Singkarak Kecamatan X Koto Singkarak, serta Walinagari Tanjung Balik Kecamatan X Koto Diatas, Selasa (19/10/21). Penyerahan ini dilaksanakan jelang pembukaan acara gebyar 3000 vaksinasi massal yang dipusatkan di Dermaga Singkarak, dan disaksikan oleh Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi, Dandim 0309/Solok Letkol Arm Reno Triambodo,  Wakil Ketua DPRD Kab Solok Ivoni Munir, Kejaksaan Negeri Solok, para Camat dan Walinagari se-Kabupaten Solok.

            

Baca Lainnya :

Dalam arahannya Bupati Epyardi Asda menyampaikan excavator yang telah diserahkan dapat digunakan untuk membuka jalan usaha tani. Untuk biaya yang ditimbulkan seperti biaya pemeliharaan dan operator akan ditanggung oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Solok,  sedangkan untuk BBM ditanggung oleh pihak nagari. Bupati mengharapkan dengan adanya bantuan excavator ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Solok. “Untuk saat ini setiap nagari dapat menggunakan excavator secara bergiliran. beberapa lama penggunaannya nanti, tergantung seberapa luas wilayah nagari tersebut,” ujarnya. Bupati juga menghimbau kepada setiap Walinagari yang hadir untuk mendata masyarakat yang memiliki lahan, namun akses menuju lokasi masih terkendala, sehingga nantinya dapat difasilitasi dengan excavator yang ada. ”Nanti jalan usaha tani tersebut akan kita cor, disamping jalan tersebut diminta kepada pemilik lahan untuk menggali dan menyediakan lubang, yang akan ditanami dengan bantuan bibit secara gratis oleh pemerintah daerah. Bantuan bibit yang diberikan akan disesuaikan, kira-kira bibit apa yang cocok ditanam di lokasi tersebut,” terang Bupati lagi.

 saat ini pihak pemda sudah menyediakan bibit Durian, Alpukat, Pepaya, Manggis, Pisang dan masih banyak bibit lainnya. Semua akan diberikan secara gratis kepada masyarakat yang ingin bertani. Bupati juga menyampaikan informasi bahwa pihak pemerintah daerah sedang melakukan kerjasama dengan pihak Pemerintah Propinsi DKI Jakarta terutama dalam memasarkan beras Solok dan hasil tani lainnya. Bupati bahkan mengundang Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan untuk datang berkunjung pada saat panen raya yang akan dilaksanakan pada bulan November 2021 mendatang. Tak hanya itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Solok juga telah melakukan perjanjian kerjasama dengan Pemerintah Kota Pekanbaru terkait hal yang sama. Kedepannya Bupati juga telah melakukan penjajakan kerjasama dengan Pemerintah Kota Dumai. (admin)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment